Tips makan sehat

Diet sehat harus mencakup berbagai macam makanan bergizi untuk asupan nutrisi yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Makanan untuk dimasukkan adalah roti, pasta, daging tanpa lemak, ikan, buah dan sayuran. Diet sehat dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit kronis terkait diet, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

Makanan Sehat
Makanan Sehat

Diet sehat mengandung berbagai makanan

Secara umum, kita harus memasukkan berbagai makanan dan makanan bergizi:
banyak roti dan sereal (terutama gandum), buah, sayuran dan kacang polong (seperti buncis, kacang lentil dan kacang merah)
rendah garam makanan, dan menggunakan garam hemat
Sejumlah kecil makanan mengandung gula tambahan
susu rendah lemak dan produk susu lainnya.
Penting juga untuk minum sejumlah air yang cukup.

Baca juga:Rutin Makan Harian untuk Kehidupan yang Sehat dan Produktif

Aktivitas fisik dan makan sehat

Keseimbangan yang baik antara olahraga dan asupan makanan sangat penting, karena ini membantu menjaga kekuatan otot dan berat badan yang sehat. Minimal 30 menit aktivitas fisik intensitas sedang, seperti berjalan kaki, dianjurkan setiap hari.

Simpan lemak seminimal mungkin

Makanan dewasa harus rendah lemak, terutama lemak jenuh. Lemak jenuh, yang merupakan lemak utama pada produk hewani, makanan gorengan, coklat, kue dan biskuit, lebih mudah disimpan sebagai jaringan lemak daripada lemak tak jenuh. Lemak jenuh juga bisa diubah menjadi kolesterol dan menyebabkan kadar kolesterol darah meningkat.

Lemak makanan membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E dan K). Sejumlah kecil lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan saat mereka menjadi bagian dari makanan sehat. Lemak tak jenuh tunggal ditemukan pada kacang-kacangan, minyak zaitun dan alpukat, dan dapat membantu menurunkan jenis kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL).

Lemak tak jenuh ganda umumnya dianggap menurunkan kadar kolesterol darah. Asam lemak omega-3 tak jenuh ganda, yang ditemukan pada ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian, diperkirakan memiliki efek anti-pembekuan darah, untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kemungkinan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Makan dan kurangi makanan dengan kadar kilojoule tinggi

Jumlah total makanan padat energi (kilojoule tinggi) yang Anda makan mungkin sama pentingnya dengan jumlah total lemak dalam makanan Anda. Untuk mengurangi kepadatan energi diet Anda, Anda perlu meningkatkan jumlah makanan nabati, seperti roti gandum dan sereal, buah dan sayuran yang Anda makan.

Ini akan memberi nutrisi penting, membantu membuat Anda merasa ‘kenyang’ dan juga mengurangi jumlah lemak dalam makanan Anda. Minuman berenergi tinggi seperti minuman olahraga, minuman ringan, minuman ringan, jus buah, minuman energi juga harus dibatasi.

Baca juga:Belajar Bahasa Arab Di Ummul Qura pare

Konsumsilah makanan yang kaya kalsium dan zat besi

Penting bagi semua orang Australia untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan kalsium. Khususnya:
Kalsium – penting untuk kesehatan tulang terutama untuk bayi, wanita dan anak perempuan.
Besi – membawa oksigen ke seluruh tubuh dan sangat penting bagi wanita, anak perempuan, vegetarian dan atlet untuk mengurangi risiko anemia.
Kembali ke atas
Minum alkohol secukupnya

Alkohol mengandung energi tinggi (kilojoule) dan harus dikonsumsi secukupnya. Pria harus minum kurang dari dua minuman standar per hari dan wanita kurang dari satu minuman standar per hari. Satu minuman standar adalah 375 ml bir mid-strength, 100 ml wine atau 30 ml spirits. Alkohol tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui.

Diet sehat untuk bayi dan anak-anak

Ada panduan untuk mengikuti saran tersebut untuk mendorong pola makan sehat bagi bayi atau anak Anda, termasuk:

Bayi – dianjurkan agar bayi disusui untuk tahun pertama kehidupan. Dalam kebanyakan kasus, menyusui seharusnya menjadi satu-satunya sumber makanan dalam enam bulan pertama. Jika Anda menggunakan formula, hati-hati jangan sampai terlalu menyusui atau menyusui bayinya.
Gula – anak-anak sebaiknya hanya makan sejumlah kecil makanan yang mengandung gula dan hindari makanan dengan tambahan gula, seperti permen, minuman buah dan minuman ringan.
Diet rendah lemak – tidak sesuai untuk bayi dan anak kecil di bawah usia dua tahun. Diet rendah lemak, terutama lemak jenuh, dapat dipertimbangkan untuk anak yang lebih besar.
Minuman – bayi dan anak-anak harus didorong untuk memilih air sebagai minuman pilihan mereka.

Baca juga:Belajar Bahasa Arab Di Al-Azhar pare

Jangan melewatkan sarapan pagi

Anak-anak yang melewatkan sarapan umumnya memiliki gizi lebih rendah. Makanan mereka mengandung lebih sedikit:
kalsium
besi
serat makanan
vitamin seperti riboflavin dan niacin.
Melewatkan sarapan menjadi lebih umum saat anak-anak bertambah tua. Beberapa sekolah telah mengenalkan program sarapan karena mereka khawatir dengan anak-anak yang melewatkan sarapan pagi. Anak-anak umumnya tampil lebih baik di sekolah saat mereka sarapan. Mereka juga cenderung menjaga berat badan sehat saat mereka sarapan sehat.

Orang dewasa yang makan sarapan sehat lebih cenderung menjadi berat badan yang sehat dan lebih produktif di tempat kerja.

Tips untuk sarapan sehat

Beberapa saran sarapan pagi yang mudah disiapkan meliputi:

Buah segar dengan sereal sarapan wholegrain dan susu rendah lemak. Roti panggang dengan sedikit mentega tipis (tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal)
Bersulang dengan keju dan tomat. Panas atau dingin mengurangi lemak susu
gandum bergulir dibuat dengan gandum cepat. Tambahkan sultana dan kurangi susu gemuk. Roti panggang dengan margarin tipis (tidak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal). jus jeruk
kacang panggang di roti bakar jus jeruk
buah atau yoghurt polos dengan buah.

Baca juga:Nutrisi(4 Sehat, 5 Sempurna)-Wikipedia