Membedakan Makanan Halal dan Haram Untuk Dimakan

Halal dan Haram

Halal

Membedakan Makanan Halal dan Haram Untuk Dimakan

Makanan adalah hal yang sangat penting bagi tubuh. Dari makananlah manusia memperoleh energi untuk hidupnya. Makanan memiliki kandungan berbagai macam gizi seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein, zat besi, dan banyak lagi lainnya. Namun tak jarang juga ditemui makanan yang mengandung racun. Bagi seorang muslim atau muslimah, sangat penting untuk memilih makanan yang halal. Umat islam harus dapat membedakan antara mana makanan yang halal dan mana makanan yang haram. Umumnya hukum tentang makanan halal dan haram ini sudah diketahui umat muslim karena memang sudah di jelaskan dalam Al-Quran.

Baca juga:Belajar Bahasa Arab Di Al-Azhar Pare

Untuk dapat membedakan makanan halal dan haram, maka ketahuilah dahulu makanan haram itu yang seperti apa sih? makanan haram adalah makanan yang dilarang untuk dimakan bagi umat muslim karena berbagai alasan seperti makanan yang mengandung racun, makanan yang tidak untuk tubuh, makanan yang membuat kecanduan, makanan yang memabukkan, menjijikan, atau makanan berbahaya lainnya.  untuk memilih makanan yang halal, perhatikan hal berikut ini:

  • Pastikan makanan atau minuman tersebut tidak mengandung alkohol

sudah tau dong kalau minuman atau makanan yang memabukkan itu tidak baik bagi tubuh, lebih baik hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol karena selain haram, alkohol juga tidak baik untuk tubuh. Lebih baik cari alternatif lain, jika ingin minuman segar yang halal minum aja minuman bersoda yang halal. Ingat ya, bersoda dengan beralkohol itu jauh berbeda. Jadi, be smart dalam memilih.

halal

  • Pilih makanan yang sudah kalian kenali

misalkan kalian sedang berlibur di negeri orang, nah disana terdapat beraneka macam makanan yang mungkin belum pernah kamu temui atau kamu makan sebelumnya. Dalam hal ini kamu perlu berhati- hati. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa bahan yang digunakan untuk mengolah makanan tersebut. Misalkan kebab, seperti yang kita ketahui bahwa kebab adalah makanan halal yang kita kenali di Indonesia karena makanan ini juga di jual di berbagai tempat lokal. Namun bagaimana dengan Kebab daging babi? di negeri orang, daging babi adalah makanan yang wajar jadi bukan tidak mungkin bahwa makanan ini dijual belikan secara bebas. Itulah sebabnya kenali dahulu bahan makanan yang akan kalian makan. Kalau kalian sudah mengenalinya, maka kalian bisa mengetahui itu makanan atau minuman yang halal atau haram.

Baca juga:Belajar Bahasa Arab Di Ummul Qura pare

  • Label Halal dalam kemasan

cara yang satu ini adalah cara yang paling mudah. Jika sudah terdapat label halal dari MUI maka sudah dijamin bahwa makanan atau minuman tersebut halal untuk dimakan, karena MUI tidak mungkin sembarangan dalam memberikan izin label halal pada pasar makanan global. Jika kamu di luar negeri akan ada banyak toko atau kios yang memiliki label halal. Yaps! bukan hanya di Indonesia saja, di luar negara ini juga terdapat komunitas, organisasi, atau lembaga islam yang menangani masalah makanan dan minuman halal bagi umat islam. Jadi, jangan khawatir ya..

halal

  • Jika itu hewan, pastikan tidak hidup di dua alam

seperti yang diketahui bahwa haram hukumnya memakan makanan berupa hewan yang hidup di dua alam. Misalkan katak yang hidup di darat dan di air. Selain menjijikkan, hewan-hewan yang hidup di dua dunia seperti itu dalam ilmu kesehatan memang tidak baik di makan.

Baca juga:Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Makanan haram memang sangat tidak diperbolehkan untuk dimakan. Namun jika kalian memakannya karena ketidak tahuan atau karena digunakan sebagai obat (dalam hal ini menyangkut nyawa seseorang) maka makanan haram tersebut bisa menjadi halal, tapi ingat bahwa ini hanya jika dalam keadaan mendesak, misalkan tidak ada obat lainnya selain itu dan terkait dengan keselamatan nyawa seseorang dimana tidak ada pilihan lainnya.